SPARKLING IN THE MONTH OF RAMADHAN “ MENGUTAMAKAN KESEHATAN SEBAGAI KUNCI MENUJU KEHIDUPAN BERKUALITAS DALAM MERAIH KEUTAMAAN BULAN R...

BERITA ACARA : SPARKLING IN THE MONTH OF RAMADHAN “ MENGUTAMAKAN KESEHATAN SEBAGAI KUNCI MENUJU KEHIDUPAN BERKUALITAS DALAM MERAIH KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN 1445 H ’’  

 SPARKLING IN THE MONTH OF RAMADHAN

“ MENGUTAMAKAN KESEHATAN SEBAGAI KUNCI

MENUJU KEHIDUPAN BERKUALITAS DALAM MERAIH

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN 1445 H ’’





Hari/ tanggal : Sabtu, 23 Maret 2024

Waktu : 14.30 – 20.00 WIB Tempat : Kampus A UNUSA

Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan melaksanakan kegiatan Sparkling In The Month of Ramadhan untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan suci Ramadhan dan untuk melakukan kebaikan dan banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sparkling In The Month Of Ramadhan melakukan kegiatan seperti razia perut lapar sebagai wujud kepeduliaan terhadap sesama, khataman, tausiah, buka bersama, sholat tarawih berjamaah. Sparkling In The Month Of Ramadhan merupakan program kerja HIMA DIGPER pertama yang berkolaborasi dengan divisi kerohanian, divisi keilmiahan dan divisi pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 untuk dilaksanakan sholat ashar berjama’ah di dalam kelas yang dipimpin oleh imam Muhazirin Khoeroy dan dilanjutkan khataman, do’a khotmil, dan istighotsah yang dipimpim oleh Diaz. Setelah khataman kegiatan selanjutnya dibuka oleh MC dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mochamad Wildan Azmi dan disampaikan sambutan pertama oleh Ajeng Winda Cahyo Rini selaku ketua pelaksana dan sambutan kedua sekaligus pembukaan disampaikan oleh Ibu Iis Noventi, S.Kep.Ns., M.Kep. selaku Pembina D3 Keperawatan. Kegiatan selanjutnya yaitu Razia Perut Lapar yang biasanya dikenal dengan bagibagi takjil, kegiatan ini tidak diikuti semua peserta demi kekondusifan saat Razia Perut Lapar berlangsung, hanya diwakilkan setiap kelas 2 anak. Kegiatan ini dilakukan di dua titik. Titik pertama dilaksanakan di Depan RSI A YANI, Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo Surabaya, dan titik kedua di Depan SD Khadijah, Jl. Achmad Yani No.2-4, Wonokromo Surabaya.

Kegiatan membagikan makanan “Razia Perut Lapar” merupakan kegiatan berbagi berkah Ramadhan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama manusia. Dengan melakukan kegiatan ini, kami dapat menunjukkan sikap kepedulian kami terhadap orang-orang disekitar kami yang sedang menjalankan ibadah puasa dan kami dapat membantu mereka yang kurang berkecukupan sehingga mereka dapat menikmati makanan untuk berbuka puasa yang layak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 80, Ibnu Majah no.1764, dan Ahmad 5:192.

Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Kegiatan selanjutnya yaitu sebuah acara yang diberi nama NGOSAN (Ngobrol Santai) Ramadhan yang berkegiatan seperti Kajian Ramadhan (Tausiah). Tausiah yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Syaikhon, S.H.I., M.H.I. Kegiatan ini dimulai pukul 16.30 sembari menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa. Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan berupaya untuk menjadi wadah yang turut berperan dalam pengembangan akhlaqul karimah. Kegiatan ini melalui tausiah dengan tema “Mengutamakan Kesehatan Sebagai Kunci Menuju Kehidupan Berkualitas Dalam Meraih Keutamaan Bulan Ramadhan 1445 H” berinisiatif sebagai langkah pembinaan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di bulan Ramadhan untuk mencapai kehidupan yang berkualitas, dan juga merupakan pembinaan akhlak melalui pikiran, perkataan dan perbuatan yang bersumber dari hati dan berguna bagi rohani khususnya bagi generasi muslim jaman sekarang. Setelah adzan maghrib berkumandang dilanjutkan sholat maghrib berjama’ah lalu buka puasa dan pada pukul 19.05 dilanjutkan sholat isya’ berjama’ah dan sholat tarawih berjama’ah.

Acara ini diikuti oleh beberapa dosen, panitia Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan, para tamu undangan dan para peserta yang berisi 3 angkatan yang terdiri dari, mahasiswa D3 keperawatan semester 2, mahasiswa D3 keperawatan semester 4 dan mahasiswa D3 keperawatan semester 6. Kegitan ini berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga.

Harapan HIMA DIGPER untuk kedepannya semoga seluruh anggota keluarga D3

Keperawatan terus berantusias dalam mengikuti kegiatan yang diselenggaran HIMA D3 Keperawatan UNUSA kita dapat memperluas pengetahuan dan relasi kita. Salam sehat untuk kita semua.

Mari Kita Cerdaskan Pikiran Dengan NGOSAN, Tundukkan Hati Dengan Tausiah, Berbagi Kebahagiaan Dengan Seksamaa.

#mahasiswaperawatindonesia

Surabaya, 23 Maret 2024


0 komentar: